Perkebunan kelapa di Indonesia adalah yang terbesar dari seluruh dunia, dimana perkebunan di Indonesia mencapai 31,2% dari total seluruh perkebunan kelapa dunia.

Produk yang bisa diolah dari kelapa adalah :Virgin Coconut Oil (VCO),Minyak Goreng Premium,Briket Arang Tempurung,Liquid Smoke,Bio Petrol, Coco fiber, Coir Geotextile, Cocomesh

Rabu, 03 Agustus 2011

Potensi Kelapa Indonesia

Saat ini Indonesia dikenal memiliki luas perkebunan kelapa terbesar di dunia yakni 3,712 juta Ha, sebagian besar merupakan perkebunan rakyat (96,6%) sisanya milik negara (0,7%) dan swasta (2,7%). Dari potensi produksi sebesar 15 milyar butir pertahun hanya dimanfaatkan sebesar 7,5 milyar butir pertahun atau sekitar 50% dari potensi produksi. Masih banyak potensi kelapa yang belum dimanfaatkan karena berbagai kendala terutama teknologi, permodalan, dan daya serap pasar yang belum merata.

Selain sebagai salah satu sumber minyak nabati, tanaman kelapa juga sebagai sumber pendapatan bagi keluarga petani, sebagai sumber devisa negara, penyedia lapangan kerja, pemicu dan pemacu pertumbuhan sentra-sentra ekonomi baru, serta sebagai pendorong tumbuh dan berkembangnya industri hilir berbasis minyak kelapa dan produk ikutannya di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar